Perwakilan Piala Dunia 2010

Duta Bangsa di Piala Dunia 2010

Pada Sabtu (6/6), Shinji Okazaki membawa Jepang menjadi timnas yang lolos pertama kali ke Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan (Afsel). Gol tunggal bomber milik Shimizu S-Pulse membuat Jepang unggul 1-0 atas Uzbekistan di Taskhen. Kemenangan ini membuat sejarah baru bagi Yuji Nakazawa dkk.

Pelatih pasukan berjuluk Blue Samurai, Takeshi Okada, pun langsung mengeluarkan sesumbar di situs resmi FIFA. ”Kami membuat kejutan di dunia, Hip, Hip, Hurrah! Sekarang kami bersiap untuk menghadapi tantangan ke depan. Kami punya target lolos ke semifinal di Afrika Selatan,” cetus suksesor Ivica Osim, pria Bosnia yang digantinya akhir 2007 silam karema serangan stroke.

Sukses anak asuh Okada ini pun diikuti Australia dan Korea Selatan (Korsel) sekitar empat kemudian. Asia pun sudah meloloskan tiga timnasnya pada akhir pekan kemarin. Jatah otomatis Benua Kuning pun tinggal satu dan satu lagi diperebutkan melalui play off melawan wakil dari Oceania.

Tiga pasukan asal Asia ini juga diikuti Belanda jelang fajar Sabtu (6/6). Ya, Belanda a.k.a The Flying Dutchmen mengukuhkan sejarah baru di Eropa. Nigel de Jong dkk berhasil menjadi pasukan asal Benua Biru yang pertama kali melaju ke Afsel. Dan, Belanda dan Jepang yang pernah menjajah Indonesia di masa lalu akan melakukan uji tanding. Rencananya pada 5 September di Enschede, Belanda, mereka akan melakoni partai bertitel try out.

Namun bahasan di atas lebih tepatnya hanya sebagai pengantar alias prolog saja. Sebab, sekarang informasi yang belum banyak diketahui adalah jumlah wakil-wakil benua di Piala Dunia 2010. Berikut uraiannya:

Piala Dunia 2010 bakal diikuti oleh 32 negara (Afsel sebagai host termasuk di dalamnya)

Enam perkumpulan resmi sepak bola di dunia mengirim wakilnya. Organisasi itu antara lain: Asia (AFC), Africa (CAF), Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia (CONCACAF), Amerika Selatan (CONMEBOL), Oceania (OFC), dan Eropa (UEFA)

Jatah wakil-wakil organisasi sepak bola di atas berbeda pada Piala Dunia 2010, antara lain:

  1. AFC yang memiliki 46 anggota. Mereka memiliki jatah lolos otomatis empat negara. Satu negara akan melakukan play off dengan wakil Oceania. Sementara hingga 8 Juni sudah ada tiga yang lolos ke Jepang, Korsel, dan Australia.
  2. OCF yang kini di pimpin Reynald Temarii mempunyai 17 anggota. Satu timnas terbaik dari Oceania melakoni play off dengan wakil Asia untuk lolos ke Afsel. Wakil itu adalah Selandia Baru.
  3. CAF adalah federasi yang memiliki anggota terbanyak dengan jumlah 55 negara. Jatah mereka enam. Organisasi yang dipimpin pria asal Kamerun Issa Hayatou, sudah pasti meloloskan satu negara Afsel. Sebab Negara ini adalah tuan rumah. Lalu jatah lainnya dari kualifikasi adalag lima negara. Hingga 8 Juni, belum ada yang dipastikan melaju.
  4. UEFA adalah organisasi yang dinilai paling modern dengan anggota 53 negara. Jatah badan sepak bola yang dipimpin oleh Michel Platini pada Piala Dunia 2010 adalah 13 timnas. Wakil dari Eropa terbanyak dibanding benua lain. Hingga 8 Juni, baru Belanda yang sudah pasti menuju Afsel.
  5. CONMEBOL adalah pesaing kuat UEFA, sebab 18 kali Piala Dunia digelar dua organisasi ini merebut trofi masing-masing sembilan kali oleh anggota mereka. Organisasi yang kini dipimpin oleh Nicolás Leoz memiliki 10 negara sebagai anggota. Pada Piala Dunia 2010, jatah otomatis dari zona ini adalah empat timnas. Satu wakil mereka bertarung dengan wakil CONCACAF untuk memperebutkan satu jatah tersisa.
  6. CONCACAF yang kini di bawah kendali Austin ’Jack’ Warner memiliki anggota 40 anggota. Mereka mendapat jatah langsung sebanyak tiga Negara. Satu Negara akan bertarung dengan wakil CONMEBOL untuk memperebutkan satu jatah.

Jadi, hitungannya sebagai berikut:

  1. Asia dapat 4 jatah langsung plus satu hasil play off melawan Negara terbaik Oceania.
  2. Oceania bisa meloloskan satu negara, jika wakil mereka menang atas wakil Asia di play off.
  3. Afrika memiliki wakil lima plus satu. Lima melalui kualifikasi dan satu adalah AFsel selaku tuan rumah.
  4. Eropa diwakili 13 negara.
  5. Amerika Utara, Tengah, dan Karibia memiliki jatah lolos langsung tiga negara. Satu wakil mereka akan melakoni play off melawan negara dari zona Amerika Selatan.
  6. Amerika Selatan memiliki empat negara yang lolos langsung. Satu negara dari wilayah ini bertarung dalam play off melawan wakil dari CONCACAF.
Iklan
Dengan kaitkata , , ,

2 thoughts on “Perwakilan Piala Dunia 2010

  1. Harirestumu berkata:

    Piala dunia merupakan pesta olahraga 4tahunan yng diselenggarakan dengan kualifikasi ketat yang setiap benua sudah ada target jumlah negara yang mewakilinya .wakil eropa paling banyak disusul amerika latin lalu amerika tengah&utara afrika baru asia.asal mulanya piala dunia namanya bukan world cup tapi yulies rimet,seiring perkembangan dirubah world cup. Dalam sejarah setiap perhelatan piala dunia jika tuan rumah eropa yang menang negara eropa ,jika tuan rumah amerika latin juaranya amerika latin ,demikian ulasan saya.

  2. etalasestu berkata:

    sipppp thanks for commentnya….tapi Jules Rimet itu adalah nama trofi world cup sebelum diganti yang sekarang. But, senang melakukan discuss dengan Anda. Go Sepak bola

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Anotherorion's Side Blog

Side Story of Anotherorion

greendaycee

penulis yang hanya ingin "melepaskan" sedikit beban otak

Kamu Itu Beda

be yourself, everyone else already taken

%d blogger menyukai ini: