Three Lions

Sir Alex, Save England!
Kekuasaan pada saat sedang mencari sangat sulit tapi hanya sebatas kesulitan dalam bekerja. Tapi, kekuasaan akan lebih sulit dijaga ketika sudah didapat lalu dipertahankan. Sebab, kritik halus hingga serangan kasar selalu menyertai perjalanan dalam menjaga kekuasaan itu.
Dan, kalimat pendeknya adalah “Mencari Prestasi Lebih Mudah dibandingkan Menjaga Prestasi”. Manchester United (MU) pun merasakan itu saat ini, satu dekade terdekat saat pasukan Setan Merah ini jadi pemuncak Inggris, menguasai Eropa, lalu merebut raja Dunia. Tapi, tulisan ini tidak akan membahas soal MU dan kedigdayaan akhir-akhir ini. Sudah basi sebabnya, karena Barcelona merebut kekuasaannya di Eropa.


Tulisan ini hanya akan membahas kritik kalau Sir Alex Ferguson sang pembesut MU dinilai frustrasi kala mengapit Michael Owen jadi punggawa baru Setan Merah. Tentunya pasca hengkangnya Cristiano ‘CR7’Ronaldo ke Real Madrid dan Carlos Tevez yang gagal bertemu dengan kata sepakat bertahan di Old Trafford.
Banyak orang mengira Sir Alex pusing 70 keliling, setelah di pasar bursa transfer pemain hanya mendapat Antonio Valencia. Karim Benzema pilih ke Madrid, Fracnk Riberry makin tidak jelas, lalu Kun Aguerro juga dihargai malah Athletico Madrid, plus Luis Fabiano yang juga ditempel ketat AC Milan.
Tapi, di luar semua itu ada makna yang mungkin kurang direnungi dengan hadirnya Owen di MU. Ya, Sir Alex memiliki rasa ke-Inggris Raya-an yang besar. Mungkin dia sadar negaranya Skotlandia tidak mungkin bicara banyak di Piala Dunia 2010 jika lolos (bukan mengecilkan arti Skotlandia), tapi Inggris yang akan lebih banyak omong di Afrika Selatan (Afsel) nantinya.
Kedatangan Owen ini memberikan harapan bagi timnas Inggris. Pemilik nama lengkap Michael James Owen adalah penyerang aktif Inggris yang sekarang masih masuk 10 besar top skor sepanjang masa skuad Three Lions. Sembilan striker lainnya sudah pensiun. Capsnya sejak 1998 adalah 89 dengan 40 gol. Sehingga ketika Owen yang selalu dibekap cedera serius dan kini mulai pulih, kala bergabung MU maka dia bisa dikaryakan lebih Sir Alex.
Arsitek MU ini tentu punya pertimbangan matang dalam menurunkan Owen. Namun dengan bermain di MU, trauma cedera yang mengancam menurunkan spirit tarung plus naluri pembunuh Owen akan terasah lagi. Semua ini tentu akan memudahkan Fabio Capello sang arsitek Inggris menentukan pemain depannya di Afsel.
Usia Owen masih sangat wajar untuk jadi andalan. Tahun depan dia baru 30 tahun. Jika Sir Alex sukses meng-create alumnus Liverpool junior ini, maka Inggris akan mendapatkan satu lagi harapan. Bukan hanya John Terry di belakang bersama Rio Ferdinand, bukan pula Steven Gerrard atau Frank Lampard di barisan gelandang. Tapi asa baru di depan pada diri Owen yang akan menyokong Wayne Rooney untuk tidak kerja sendiri.
Ya, para striker Inggris ter-up to date sekarang tak seperti jaman Alan Shearer yang didukung Les Ferdinand, Teddy Sheringham, plus Robbie Fowler kala di UEFA Euro 1996. Pada masa itu, Three Lions sukses menembus semifinal, meski harus kalah kurang mengenakan dari Jerman lewat adu penalti.
Lalu, bomber era Piala Dunia 1990 yang dimiliki Inggris seperti Gary Lineker mampu diandalkan dan siap bahu membahu dengan pelapisnya Peter Beardsley plus Steve Bull. Meski kala itu peran gelandang John Barnes plus pergerakan playmaker Paul Gascoigne jadi andalan. Tapi, peran lini depan milik Lineker, Beardsley hingga Bull tetap dipandang penuh, bukan sebelah mata.
Namun kini setelah Capello menangani Inggris menuju Afsel 2010, hanya Rooney yang dianggap nyawa lini depan. Inggris seolah hanya bisa berharap pada Gerrard dan Lampard. Otomatis ini berbahaya, lawan akan mudah menjaga dua orang itu lalu mematikan. Rooney di depan pun kelimpungan. Sehingga dengan gabungnya Owen di MU, permainan pemain bertinggi 173 cm itu dapat pulih. Duet Owen-Rooney pun mampu mengalihkan fokus lawan dari Gerrad dan Lampard di poros penyeimbang Three Lions.
Rasa ke-Inggris Raya-an seorang Sir Alex pun patut diacungi jempol, meski dia harus mengambil resiko dengan rekor cedera Owen yang panjang dan lama. Tapi dengan mainnya Owen bersama Setan Merah, maka harapan striker Inggris di Afsel mampu membius penonton pun terbuka. Apalagi, dibandingkan bomber milik Three Lions sekarang yang kurang moncer.
Mulai si jangkung Peter Crouch, pria kelahiran 1981 ini caps-nya 34 tapi baru cetak 16 gol. Dia sering salah posisi saat dapat peluang baik dari crossing Glen Johnson maupun Asley Cole plus umpan David Beckham. Lalu si Emile Heskey, sudah 53 kali berkostum Inggris baru 7 kali membobol jala lawan. Tentu bukan produktifitas bagus.
Jermain Defoe pun kurang rajin cetak gol, baru 8 gol dari 34 caps. Debutan Gabriel Agbhonlahor plus Charlton Cole baru 2 kali main tanpa gol. Sama dengan Darrent Bent yang 4 kali turun bareng Three Lions tapi masih mandul. Kenyataan itu sangat pantas jika Owen diharapkan kembali hidup saat gabung MU. Sir Alex adalah tangan dingin dan tahu kualitas pemainnya. CR7 jadi top dengan bakat bawaannya, Beckham jadi seleb cross di bawah Sir Alex, lalu kebengalan Rooney selesai dengan Sir Alex. Kini harapan itu muncul kepada Owen. Dan, setiap keputusan atau pekerjaan pasti ada resikonya, camkan itu!
Capello pun akan hormat kepada Sir Alex, begitu pula sebaliknya. Afsel 2010 pun akan riuh dengan kegembiraan Hooligans yang ‘rusuh’ karena timnasnya ke final. Liukan Owen dan akselerasi Rooney adalah penyempurnanya. Antara Belanda atau Argentina siap menyambutnya! Tunggu saja setahun lagi!

Iklan
Dengan kaitkata , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Anotherorion's Side Blog

Side Story of Anotherorion

greendaycee

penulis yang hanya ingin "melepaskan" sedikit beban otak

Kamu Itu Beda

be yourself, everyone else already taken

%d blogger menyukai ini: