Resensi Yang (Sangat) Subjektif :)

Pertama. Saya merasa tidak perlu memberi rating karena review kali ini sungguh subjektif sekali. Kedua, saya tidak suka & tidak paham sepak bola. Ketiga, karena penulis novel ini adalah suami saya :-p

Tapi, saya dapat menyarankan bahwa novel ini bisa dijadikan referensi soal sepak bola Indonesia (yang-ga-ada-habis-masalah-itu). Dan diperoleh dari akumulasi pengetahuan, opini, pengalaman, dan mimpi si penulis.

Sebagai pembaca yang sama sekali buta sepak bola (football? Errr..Beckham?), detail dari kehadiran para tokoh dan peristiwa layak diapresiasi. Sebab tidak mudah membuat flow yang “logis” (kalau boleh saya menyebut demikian) dan melibatkan banyak penokohan.

Tokoh utama adalah Gabriel Omar Baskoro, yang “biografi”-nya akan difilmkan oleh Bogalakon Pictures. Gab memiliki seorang Ayah, Edi Baskoro, yang maniak sepak bola nasional, meyakini sepak bola adalah napas hidup dan mimpi besar masa depannya bersama keluarga. Dengan yakin dan berusaha, semesta pun mendukung Edi dan mengantar Indonesia ke Piala Dunia 2014 berkat kaki istimewanya Gab dan kawan-kawan. Indonesia ke Piala Dunia??? You must check this part!

Berawal dari setting zaman Orde Baru, si penulis yang (ngakunya dan sepertinya memang) gemar sejarah dapat menggambarkannya dengan baik. Jujur, saya sering skip bagian penamaan-penamaan (cameo) yang bikin saya agak pusing karena tidak kenal. Jadi, yang paling ‘kena’ adalah bagian setiap Edi mengenang Almarhum istrinya dan sentuhan drama lain menyangkut pasangan ini (hehehe…ngertilah yaaa!).

Congrats, mas-e! Novel ini adalah hadiah atas pemikiran, waktu, moody, dan impiannya selama ini. Pemimpi ulung. Saya menyebutnya demikian. Dan dengan senang hati saya bersedia menjadi eksekutor disampingnya.

See, i put myself as a wife instead of a reviewer šŸ˜€ Happy reading!

Dengan kaitkata , ,

10 thoughts on “Resensi Yang (Sangat) Subjektif :)

  1. Ilham berkata:

    waah keren. bukunya udah ada di gramedia kah? mungkin suatu hari saya akan baca. hehe. pasti bangga suaminya penulis. šŸ˜€

    • semarsmiles berkata:

      Halo, mas ilham… yup, bukunya sudah ada di Gramedia kok. Kalau bukan di kategori Novel/Fiksi, di katalog Motivasi, Psikologi, Pengembangan Diri, dan sejenisnya.

      BTW, dapat salam dari suami saya, dan terima kasih sudah berkunjung.. šŸ™‚ Blog konten anda juga cukup menarik…

  2. Aldi berkata:

    halo mbak adel dan mas estu šŸ™‚

    saya sudah baca habis novelnya, kereeenn banget! šŸ˜€

    Buat mas estu, saya kagum cara mas estu meruntutkan alur cerita. Karena banyak fokus yang harus diceritakan. Mulai dari Gabriel sendiri, timnas Indonesia, Liga Utama, sampai Jakarta Metropolitan. Salut mas!

    Selain itu, penggambaran hal-hal tentang sepakbolanya sangat detil. Seperti proses transfer, komunikasi pemain dan pelatih di ruang ganti, sampai tentang suporter. Dan tentu saja deskripsi jalannya pertandingan yang sangat nyata.

    Satu lagi, penuturan tentang kehidupan sederhana Edi Baskoro dan Bu Wiwin dikemas sangat apik. Dilengkapi juga dengan adanya tiga sahabat, mertua dan kantor Edi, saya bisa membayangkan sebuah desa yang asri dan sejuk. Jujur, saya sangat sedih ketika Bu Wiwin meninggal saat melahirkan Gabriel.

    Overall, selamat mas!

    Salam, Aldi.

    • semarsmiles berkata:

      Halo, Aldi. Panggil saya adel saja, kalo suami saya karena dia sudah senior, boleh lah dipanggil ‘mas’ :p

      Sebelum saya tunjukkan komentar & review keren ini ke mas estu, saya gak tahan tanya ke Aldi, suka Morfemkah? Karena kaus di header blog-nya pake kaos Morfem… šŸ™‚

  3. Aldi berkata:

    Hai Adel..

    Yeah! Saya suka Morfem!! :DD
    Apalagi tgl 25 Feb kemarin saya berkesempatan nonton Morfem live di Malang (domisili saya di Malang). Kereeeeenn banget!!!

    Adel suka Morfem juga? Wuihh keren!

    Btw, review Menerjang Batas saya di blog dpt hadiah dari @gab_omar, hehehe

Tinggalkan Balasan

Anotherorion's Side Blog

Side Story of Anotherorion

greendaycee

penulis yang hanya ingin "melepaskan" sedikit beban otak

Kamu Itu Beda

be yourself, everyone else already taken

